Selasa, 22 Januari 2013

review novel karangannya comica :D

siang tadi gue ke tukang jait di daerah Sukasari. seperti biasa, kalo jalan sendiri, gue harus membawa something yang bisa killing the time and biar gak mati gaya.
blackberry? of course. my another phone? check. any else? ohyah, novel! dan gue menemukan novelnya kang @IrawanRaharja di tumpukan buku, materi kuliah, dan bahan skripsi. agak aneh emang, novel begini adanya di tempat semacam gitu..

di perjalanan pulang, barulah gue baca novel ini. actually gue udah baca novel ini sehari setelah gue dapet novelnya. gue dapet free dari acara StandUp di kampus. gue juga bikin postingan tentang acara standup #STUDYTOUR "BelajarBercanda" By @IrawanRahaja. klik disini yaa..

penampakan novelnya gimana, Des?
nih gini..
serem gak, men?

*.....*
*hening*
*...........*


mauehauehuaheua engga denggggg.. itu sih buku temuan gue yang harus dibaca..

penampakan aselinya adalah sebagaiii... berikut :
JENG JENG!!
ini gue foto setelah dapet novelnya. cakep ya gue? cakepan gue kan daripada penulisnya? gue juga malu masa mau minta tanda tangan penulisnya. sok bet ye gue?
#OKESIP

langsung review aja ya guys, cus!!
nopvel Berharap Hip Hop ini di tulis oleh Irawan Rahaja. berbekal pengalaman doi di dunia per-hip-hop-an, di tuangkanlah di dalam susunan kalimat lalu di rangkai, padu padankan menjadi sebuah novel yang diterbitkan oleh gagas media di tahun 2009. (wah kang, 2009 saya baru masuk kuliah. ehehek)

gue kenal Irawan rahaja itu gak dari novelnya (jujur..) tapi setelah doi jadi salah satu finalis standup comedy kompas tv. dan dari novelnya ini pula, gue makin kenal doi.. (dukun-able.)

novel ini bercerita seorang mahasiswa entah tingkat berapa yang mendadak desperate setelah di tendang tak hormat oleh Band nya. nama si mahasiswa desperate bertubuh tambun itu Genta Ariandana. dia punya sahabat sejak SMA yang agak abstrak namanya Sugondo Pangihutan a.k.a Dodo, asli Medan. mereka kuliah di IKJ (Institut Kesenian jakarta) di Cikini (dan 21 nya tempat dulu akoh pacaran, lohh :"> *curcol*) Dodo juga dalah orang yang pertama kali nyupport Gen (panggilan Genta) buat ikutan lomba Rap. padahal saat itu si Gen belom tau, 'apa sih itu Rap?'

pertama kali gue baca novel ini agak ngebingungin, ternyata setelah baca dua kali gue baru engeh kalo novel ini alurnya alur campuran. ada prolog dengan alur mundur dan ceritanya alur maju. sayangnya setelah ada prolog gak ada epilog. kurang nampol buat gue. kalo mau sih gak usaha ada prolog sekalian jadi bablas weehh.. :))

oke, cerita di mulai saat Dodo pada suatu siang nyamperin Gen-si-pria-nestapa yang lg galau di kamar nangisin kenyataan kalo dia abis di bye-bye-in secara gak hormat sama bandnya. padahal kecintaan Gen akan dunia Band itu gak bisa di anggap remeh. karena jago bikin lagu.. (lagu kekoreaan bisa, Gen?) ditambah didalam Band itu ada Allian yg juga sahabat kecil Gen. (Igh, kalo gue jadi Gen, gue permalukan dan gue nyinyirin si Al di social media. #eh )

Dodo nyemangatin Gen supaya ikutan lomba itu, dengan harapan kalo Gen menang di kompetisi Rap gitu, Bandnya pasti nyesel ngelepas Gen. Gen pun mau mencoba.. perjalanan mencari inspirasi pun dimulai. dari ke toko kaset CUMA buat hunting dan beli kasetnya di abang2 pinggir jalan, nguping pembicaraan abege soal pacaran, nyewa kaset, dugem sama Raka, ketemu si Cubi MC Angel a.k.a Rima yang ternyata jago banget nge-rap, digebugin Marlon yg ternyata mantan pacar Rima-rapper jugak tapi rapper curang dan beraninya keroyokan, duet bareng Rima di TagRap Tournament, sampe lomba ngerap di Bogor tapi karena harus kuliah dulu dan kereta gak nongol2, Gen gakbisa dateng.. untuk saat itu muncul Raka yang menjelma semacam dewa penolong Gen dengan speaker portablenya :))

overall, novel ini lumayan asik di baca. easy reading, kata2 nya ringan, dan gak bikin gue mikir berlebihan kayak baca novel Sherlock Holmes.dengan ketebalan buku yang sama gue mampu melahap novel ini gak sampe 3 jam. sherlock? sampe 7 hari -___-"

kalo gue kasih peringkat 1 sampai 10, gue kasih 6,5. KENAPA?
nih gue jelasin beberapa asalannya.. (eh ini murni menurut gue yaa.. gak tau orang lain.. :D )
1. kalo di perhatikan novel ini 11-12 sama curhat/cerita pengalaman pribadi yang 90% di tuangkan dalam novel. gue sering baca novel yg fiksi maupun nonfiksi gini. ada beberapa novel yang walopun pengalaman pribadi, tapi dituangkannya gak kayak curhat.. mungkin next bisa di perbaiki :D
2. ada beberapa kata yang agak frontal/kasar. berhubungan dengan nomor satu. itu salah satu hal yang membuat novel ini di mata gue berimage seperti ceritain pengalaman pribadi. kurang nantang..'
3. dunia hip-hop itu buat gue sendiri agak asing. selain gak terlalu suka sama irama dan kostumnya, jarang juga kan ya di indonesia? jadi setelah baca sampe tengah, agak bosen. mungkin next bisa di kemas lebih seru.. gimana caranya biar orang main penasaran sama yang namanya hip-hop.mungkin diselipin sama istilah2 hip-hop atau sejarah hip-hop itu sendiri :D

seperti yg gue bilang tadi, setelah baca gue makin berasa kenal si penulis. karena 3 alasan di atas tadi. hhehehe..
anggeplah gue sotoy, tapi agaknya Gen itu jelmaan kang Irawan bangett. menilik dari deskripsinya sihh.. hhhihihi :))

ini cuma sedikit pendapat ajah, bukan maksut mengkritik, kok. kenapa? karena kang irawan itu udah kece. HALOOO.. hare geneee.. gampang apa nerbitin buku di gagas media?
anggaplah novel elo belom dapet penerbit. tapi hari giniii.. masih ada kah pria yang rajin ngetik untuk menulis? beboro, deh jarang. palingan ada beberapa. cowok jaman sekarang sibuknya sama selingkuh doang. berjuang untuk kebaikan dirinya gak mau. apalagi berjuang untuk orang yang disuka? (lah ini kok curhat??)

nah sekian review dari saya.
kurang lebihnya saya mohon maav, kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan ada pada saya selaku manusia.

wassalam.


*abis baca*






















*bonus anak cantik*








1 komentar:

  1. Yang paling bawah, fotonya narsis skali :D
    Jadi pengen baca bukunya (?)

    BalasHapus

Day 1 - Describe Your Personality

HAI! waw, sudah lama juga yaa tidak menulis. alasannya karena, entahlah, kurang inspirasi apa males?  Lalu muncul di timeline Fala Adinda so...